Orang Aceh ke KL Dulu Baru ke Jakarta, Politikus NasDem: Negara Ditertawakan

Loading...



Gema Rakyat -  Politikus Partai NasDem asal Aceh, Teuku Taufiqulhadi, menyoroti kabar orang-orang dari kampung halamannya yang harus membawa paspor untuk bisa dapat tiket pesawat lebih murah ke Jakarta. Menurutnya, ini tidak lumrah.

"Saya tidak melihat ini sebagai hal yang lumrah, tapi ini hal aneh," kata Taufiq dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (13/1/2018).

Menurut laporan yang dia peroleh, warga Aceh kini berduyun-duyun datang ke kantor imigrasi supaya mendapat paspor. Dengan paspor itu, mereka bisa ke Jakarta melalui Malaysia. Kenapa harus lewat Malaysia? Karena bila terbang langsung dari Aceh ke Jakarta, mereka harus membayar tiket pesawat yang lebih mahal.

"Apabila mereka dari Aceh langsung ke Jakarta, tiket bisa lebih Rp 2 juta. Tapi jika melalui Kuala Lumpur, mereka akan mendapatkan tiket lebih kecil dari Rp 2 juta," kata Taufiq.

Dia mendorong agar Kementerian Perhubungan segera membenahi yang terjadi. Bila tidak, Indonesia bisa jadi bahan olok-olok pihak lain.

[next]

"Jika ini dibiarkan, otoritas perhubungan kita jadi diskredit, negara akan ditertawakan. Saya berharap, hal aneh ini segera mendapat perhatian Kementerian Perhubungan," kata anggota Komisi III DPR ini.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mengecek isu soal warga Aceh itu. Termasuk, rumor yang menyatakan warga Aceh ramai-ramai bikin paspor untuk bisa singgah ke Malaysia dengan tujuan mendapat tiket murah.

"Nanti dicek, karena waktu pertama kali saya ada petisi itu ternyata ada kelompok tertentu, yang secara khusus mengangkat ini. Secara proporsional nggak begitu sebenarnya. Kalau itu kita cek lagi," kata dia di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

[dtk]
Loading...
Back To Top