LSI: Prabowo-Sandi Menang di Kantong Pemilih Terpelajar

Loading...


Gema Rakyat - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei soal pegesaran dukungan Pilpres di enam kantong suara, yakni kantong suara muslim, minoritas, wong cilik, emak-emak, terpelajar dan milenial.

LSI menyebut pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf menang 5-1 atas pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Sandi.

Peneliti senior LSI Adjie Alfaraby mengatakan, kantong kelima yang penting adalah kantong pemilih kalangan terpelajar. Populasi pemilih ini hanya sebesar 11.5%. Namun sekali lagi dalam pertarungan elektoral yang ketat, populasi 11.5 persen cukup signifikan. Selain itu pemilih kaum terpelajar cukup penting karena kemampuan mereka mempengaruhi opini publik.

“Di kantong pemilih ini, Prabowo-Sandi unggul dibanding pasangan Jokowi-Ma’ruf. Dukungan Prabowo-Sandi di pemilih terpelajar mencapai 44.2 persen. Sementara dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf di kantong pemilih ini sebesar 37.7 persen,” katanya Adjie Alfaraby di kantor LSI, Jl. Pemuda, Rawamangun, Kamis (7/1/2019).

Adjie memaparkan, unggulnya pasangan Jokowi-Ma’ruf terhadap Prabowo-Sandi didasari oleh keunggulan pada kantong-kantong pemilih penting. Kantong pertama yang penting adalah kantong pemilih Muslim. Pemilih muslim adalah pemilih mayoritas dengan populasi kurang lebih 85 persen.

“Jokowi-Ma’ruf masih unggul di pemilih muslim dengan dukungan sebesar 49.5 persen. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan sebesar 35.4 persen. Ada sebesar 15.1 persen pemilih Muslim yang masih belum menentukan pilihan. Meski unggul, Jokowi-Ma’ruf hanya unggul dengan selisih di bawah 15% di kantong pemilih Muslim,” paparnya.

[next]

Pada kantong ketiga yakni pemilih wong cilik. Survei menunjukkan bahwa sebesar 50.3% pemilih masuk kategori ini. Data Januari 2019 menunjukkan bahwa, Jokowi-Ma’ruf unggul telak di segmen pemilih ini. Jokowi-Ma’ruf memperoleh dukungan sebesar 58.4 persen.

“Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan sebesar 24.7 persen. Dengan dukungan tersebut, terlihat selisih elektabilitas kedua pasangan calon mencapai di atas 30 persen di pemilih wong cilik,” bebernya.

Di kantong pemilih emak-emak, pasangan Jokowi-Ma’ruf juga unggul telak dibanding pasangan Prabowo-Sandi. Dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf di pemilih emak-emak mencapai 57.0 persen. Sementara dukungan terhadap pasangan Prabowo-Sandi di pemilih emak-emak sebesar 27.8 persen.

“Dari enam kantong pemilih penting di atas, dapat disimpulkan bahwa keunggulan Jokowi-Ma’ruf terhadap Prabowo-Sandi saat ini didasari pada keunggulan Jokowi-Ma’ruf di 5 kantong pemilih penting yaitu pemilih muslim, pemilih minoritas, pemilih wong cilik, pemilih emak-emak, dan pemilih millennial,” kata Adjie.

Sementara satu kantong pemilih penting lainnya yaitu pemilih kaum terpelajar, Jokowi-Ma’ruf kalah dari Prabowo-Sandi. Artinya jika dibuatkan skor dari enam kantong tersebut, Jokowi-Ma’ruf menang 5-1 dari pasangan Prabowo-Sandi. [PK]
Loading...
Back To Top